Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapalang

Nurfalah, Sahaya (2013) Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapalang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurfalah Sahaya,.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Nurfalah Sahaya, 2013. Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapalang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Bilingual, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh: Suwardi Annas dan Aswi).Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tapalang semester genap tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 37 orang. Siklus I dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Data mengenai hasil belajar siswa diambil dari tes setiap siklus, sedangkan data mengenai aktivitas dan respon siswa serta angket minat siswa terhadap pembelajaran dengan penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education melalui angket. Data hasil belajar dan minat dianalisis secara kuantitatif dan data hasil observasi aktivitas siswa dan respon siswa dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan. Skor rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pada Siklus I adalah 69,05 dengan standar deviasi 7,2 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dengan ketuntasan belajar berada pada kategori tinggi. Setelah dilanjutkan pada Siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran matematika adalah 78,78 dengan standar deviasi 8,13 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dan ketuntasan belajar berada pada kategori sangat tinggi. Hal tersebut di atas mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tapalang setelah diadakan pembelajaran melalui penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education. Minat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar meningkat, yang dilihat dari hasil analisis angket minat yang menunjukkan 36 siswa atau 97,30% memiliki nilai tinggi, dan 1 siswa atau 2,70% siswa yang memiliki nilai sangat tinggi Kata kunci: Hasil belajar, Minat belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Realistic MathematicsEducation.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:11
Last Modified: 29 Apr 2016 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item