Deskripsi Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua

BASRI, ERNI (2017) Deskripsi Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL - ERNI BASRI (15B07023).docx

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari pola asuh orang tua. Subjek yang dideskripsikan pada penelitian ini terdiri dari 4 siswa yang masing-masing merupakan pola asuh orangtua tipe authoritative, authoritarian, permissive, dan rejecting/neglecting. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian 1 tes pemecahan masalah dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan waktu. Berdasarkan hasil pemberian tes dan wawancara diperoleh kesimpulan: (1) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe authoritative adalah keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi, keterampilan monitoring, dan keterampilan evaluasi; (2) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe authoritarian dan tipe permissive adalah keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi, dan keterampilan monitoring; (3) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe permissive adalah keterampilan perencanaan dan keterampilan prediksi. Selain itu, terdapat beberapa temuan samping yang cukup penting dalam penelitian ini: (1) Dari keempat subjek, hanya satu subjek yang tidak mampu menyelesaikan metode pemecahan masalah yakni subjek berpola asuh orangtua tipe rejecting/neglecting (RN); (2) Subjek berpola asuh orangtua tipe authoritative (AV) adalah subjek yang mampu melibatkan keempat keterampilan metakognisi dalam memecahkan masalah SPLTV, yakni keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi, keterampilan monitoring, dan keterampilan evaluasi; (3) Hanya subjek tipe authoritative (AV) yang mampu menyelesaikan dua metode pemecahan masalah. (4) Subjek berpola asuh orangtua tipe authoritarian dan tipe permissive pada umumnya memiliki karakter kurang percaya diri dan kurang inisiatif. Namun kedua subjek tersebut kenyataannya mengetahui satu metode pemecahan msalah dan mampu menyelesaiakan masalah dengan menggunakan metode tersebut. (5) Subjek berpola asuh orangtua tipe rejecting/neglecting (RN) merupakan subjek satu-satunya yang tidak dapat menyelesaiakan masalah. Subjek tipe RN lebih sesuai penulisan jawaban yang dituliskan untuk unsur yang diketahui.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 07:11
Last Modified: 21 Mar 2018 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5920

Actions (login required)

View Item View Item