Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Bangsa (NKBB) di SMA Negeri Khusus Jeneponto (Dibimbing oleh Bapak Hanafie Mahtika dan Sulaeman Samad)

MUH., ASLAM AKIB (2014) Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Bangsa (NKBB) di SMA Negeri Khusus Jeneponto (Dibimbing oleh Bapak Hanafie Mahtika dan Sulaeman Samad). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
MUH. ASLAM AKIB. 2014..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MUH. ASLAM AKIB. 2014. Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Bangsa (NKBB) di SMA Negeri Khusus Jeneponto (Dibimbing oleh Bapak Hanafie Mahtika dan Sulaeman Samad) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa di SMA Negeri Khusus Jeneponto yang meliputi pengintegrasian pendidikan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa, ke dalam mata pelajaran, penerapan pendidikan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa melalui pengembangan diri, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa. Lokasi penelitian ini dipusatkan di SMA Negeri Khusus Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian tentang implementasi pendidikan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa di SMA Negeri Khusus Jeneponto dapat disimpulkan bahwa: (i) Guru-guru sudah memahami tentang pengintegrasian nilai-nilai karakter dan budaya bangsa ke dalam mata pelajaran, hal ini dapat dilihat melalui silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis pendidikan karakter yang telah dibuat oleh guru.(ii) penerapan pendidikan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa melalui pengembangan diri telah dilakukan oleh guru-guru dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang meliputi kegiatan pramuka, palang merah remaja, seni tari dan musik dan karate. Melalui kegiatan ekstrakurikuler beberapa nilai karakter dan budaya bangsa telah terwujud. (iii) faktor pendukung pelaksanaan pendidikan nilai-nilai karakter dan budaya bangsa yaitu: a) pembiasaan (habituasi) dilingkungan sekolah meliputi pembiasaan keteladanan, pembiasaan rutin dan pembiasaan spontan, b) pemahaman guru tentang pendidikan karakter, c) motivasi belajar siswa yang tinggi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu a) pemahaman orang tua yang sempit, b) terbatasnya sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:10
Last Modified: 29 Apr 2016 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item