DampakSosialMedia TelevisiPadaPendidikanAnakRemaja Di KelurahanKapasaKecamatanTamalanrea Kota Makasar

NUR, RAHMAT (2017) DampakSosialMedia TelevisiPadaPendidikanAnakRemaja Di KelurahanKapasaKecamatanTamalanrea Kota Makasar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL OK.docx

Download (56kB)

Abstract

Media elektronik televisi sebagai salah satu bentuk teknologi komunikasi yang banyak mendapat perhatian yang telah menunjukkan pengaruhnya yang sangat besar, yaitu dalam berlangsungnya perubahan sosial, dalam penyebaran budaya populer, dan Televisi saat in menjadi konsumen sejati para anak remaja untuk menikmati acara yang ditayangkan, tanpa melihat efek yang ditimbulkan. Kurangnyakontrolsosial orang tuadalammengawasianaknyamenontontelevisisangatlahberdampak negative. Tayangan pendidikan yang kurang, sehingga hanya fungsi informatif dan rekreatif saja yang banyak dipertontonkan.Sedangkan acara-acara yang mengarah kepada edukatif atau pendidikan sangat kecil sekali frekuensinya. Sebagian anak remaja, menghabiskan waktunya didepan televisi, hal ini tentu saja mengurangi waktu mereka untuk belajar. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui peran media televisipadapendidikananakremajadikelurahankapasakecamatantamalanreakotamakassar. (ii) Untuk megetahui dampak media televisipadapendidikananakremaja di kelurahankapasakecamatantamalanreakota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptifdanpenentuaninformandilakukandenganteknikpurposive sampling.Dengan lokasi penelitian di kelurahanKapasaKecamatanTamalanreakota Makassar. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Anakremaja, orang tua danmasyarakatyang berjumlah8 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Peran media televisipadapendidikananakremajaadalahmemberikanbanyakwawasanpengetahuanmelaluitayanganedukatif, rekreatifdaninformatif. (ii) Dampak media televispadapendidikanremajaadaduayaitudampakpositif yang memberikanpengetahuanmelaluitayanganedukatifataupendidikan, sedangkandampaknegatifadalahtelevisidapatmengubahsikapdanprilakuremaja, sepertimalasbelajar, sikapindividualis, menyitabanyakwaktuluang, merusak moral danperkembangananakremaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > SOSIOLOGI - (S3)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 06:31
Last Modified: 21 Mar 2018 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item View Item