Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar.

Lestari, Moticha Indah (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Ika.docx

Download (53kB)

Tujuan penelitian ini adalah (i)untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis; (ii) , untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif, (iii) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhada hasil belajar; (iv)untuk mengetahui pengaruh model pembelajarandirect instructionterhadap keterampilan berpikir kritis;(v)untuk mengetahui pengaruh model pembelajarandirect instructionterhadap keterampilan berpikir kreatif;(vi)untuk mengetahui pengaruh model pembelajarandirect instructionterhadaphasil belajar;(vii) menganalisis apakah terdapat perbedaanketerampilan berpikir kritis antara kelompok yang diajar dengan model problem based learning dan diajar dengan model pembelajarandirect instruction;(viii) menganalisis apakah terdapat perbedaanketerampilan berpikir kreatif antara kelompok yang diajar dengan model problem based learning dan diajar dengan model pembelajarandirect instruction;(ix) menganalisis apakah terdapat perbedaanhasil belajar antara kelompok yang diajar dengan model problem based learning dan diajar dengan model pembelajarandirect instruction pada peserta didiik kelas X MIA peserta didik SMA Negeri 21 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis, dengan rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum pembelajaran sebesar 58,49 dan setelah pembelajaran 89,54; (ii) ada pengaruh model pembelajaran problem based learningterhadap keterampilan berpikir kreatifpeserta didik kelas X-MIA SMA Negeri 21 Makassar, dengan dengan rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum pembelajaran sebesar 61,62 dan setelah pembelajaran 89,15; (iii) ada pengaruh model pembelajaran problem based learningterhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas X-MIA SMA Negeri 21 Makassar, dengan rata-rata sebelum pebelajaran model problem based learning sebesar 69,46 dan setelah pembelajaran model problem based learning sebesar 87,00. Olehnya itu, penerapan model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis , keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar pada peserta didiik kelas X MIA peserta didik SMA Negeri 21 Makassar. Kata Kunci: model pembelajaranproblem based learning,keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 06:12
Last Modified: 21 Mar 2018 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

View Item View Item