Pengaruh Metode Guided Discovery dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Wundulako

SUGIARTO, ADI (2017) Pengaruh Metode Guided Discovery dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Wundulako. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL .docx

Download (68kB)

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode guided discoverydengan yang diajar secara konvensional, (2) perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery denganyang diajar secara konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki minat belajar tinggi, (3) perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar dengan menggunakan metode guided discoverydenganyang diajar secara konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki minat belajar rendah, (4) interaksi metode pembelajaranguided discovery dan minat belajar pada pencapaiaan pemahaman konsep fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experimental dengan menggunakan desain postestnonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wundulako yang berjumlah 192 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1, XI IPA3 dengan jumlah peserta didik 63 orang dan XI IPA2, XI IPA4 dengan jumlah peserta didik 64 orang. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery adalah sebesar 18.57 dan standar deviasinya 2.53, sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep fisika yang diajar secara konvensional adalah sebesar 14.56 dan standar deviasinya 2.86. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang antara peserta didik yang diajar melalui metode guided discovery dan yang diajar dengan mengunakan pembelajaran langsung pada peserta didik, (2) terdapat perbedaan antara pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran langsung peserta didik untuk kelompok yang memiliki minat belajar tinggi, (3) terdapat perbedaan antara pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran langsung untuk kelompok yang memiliki minat belajar rendah, (4) tidak terdapat interaksi antara metode guided discovery dengan minat belajar pada pencapaiaan pemahaman konsep fisika. Kata kunci:Metode Guided Discovery, Pemahaman Konsep Fisika, Minat Belajar Fisika ADI SUGIARTO. 2017. Pengaruh Metode Guided Discovery dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Wundulako. (Dibimbing oleh Muris dan Kaharuddin Arafah) Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode guided discoverydengan yang diajar secara konvensional, (2) perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery denganyang diajar secara konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki minat belajar tinggi, (3) perbedaan pemahaman konsep fisika yang diajar dengan menggunakan metode guided discoverydenganyang diajar secara konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki minat belajar rendah, (4) interaksi metode pembelajaranguided discovery dan minat belajar pada pencapaiaan pemahaman konsep fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experimental dengan menggunakan desain postestnonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wundulako yang berjumlah 192 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1, XI IPA3 dengan jumlah peserta didik 63 orang dan XI IPA2, XI IPA4 dengan jumlah peserta didik 64 orang. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery adalah sebesar 18.57 dan standar deviasinya 2.53, sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep fisika yang diajar secara konvensional adalah sebesar 14.56 dan standar deviasinya 2.86. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang antara peserta didik yang diajar melalui metode guided discovery dan yang diajar dengan mengunakan pembelajaran langsung pada peserta didik, (2) terdapat perbedaan antara pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran langsung peserta didik untuk kelompok yang memiliki minat belajar tinggi, (3) terdapat perbedaan antara pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode guided discovery dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran langsung untuk kelompok yang memiliki minat belajar rendah, (4) tidak terdapat interaksi antara metode guided discovery dengan minat belajar pada pencapaiaan pemahaman konsep fisika. Kata kunci:Metode Guided Discovery, Pemahaman Konsep Fisika, Minat Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 06:06
Last Modified: 21 Mar 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item View Item