Hubungan Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat

KURNIAWAN, TRI (2017) Hubungan Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Tesis.doc

Download (378kB)

Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif: 1) kreativitas guru terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat; 2) fasilitas belajar terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat; 3) kreativitas guru dengan motivasi belajarsiswa kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat; 4) fasilitas belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat; dan 5) motivasi belajar dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat dengan jumlah 185 orang. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 129 orang.Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar fisika yang telah diuji coba empirik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial, analisis faktor dan verifikasi model struktural AMOS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan hubungan kreativitas guru, fasilitas belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) kreativitas guru tidak memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar fisika; 2) fasilitas belajar tidak memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar fisika; 3) kreaitivitas guru memiliki hubungan yang positif terhadap motivasi belajar; 4) fasilitas belajar memiliki hubungan yang positif terhadap motivasi belajar; dan 5) motivasi belajar memiliki hubungan yang erat dan positif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 1 Sape Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat. Kata kunci: Ekspost-fakto, Kreativitas Guru, fasilitas belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 06:00
Last Modified: 21 Mar 2018 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item