Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri di Kabupaten Sinjai

MUZDALIFAH, MUZDALIFAH (2017) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri di Kabupaten Sinjai. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Muzdalifah (ARTIKEL).doc

Download (910kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui (i) kecerdasan intelektual siswa SMP Negeri di Kabupaten Sinjai, (ii) kecerdasan emosional siswa SMP Negeri di Kabupaten Sinjai, (iii) kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri di Kabupaten Sinjai, (iv) pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Sinjai, (v) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Sinjai, (vi) pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Sinjai, dan pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sinjai, tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 sekolah, jumlah keseluruhan siswa kelas VIII sebanyak 778 orang kemudian dilakukan pengambilan sampel secara area sampling dan terpilih sebanyak 234 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan pemberian angket kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual pada siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik Regresi Ganda dengan bantuan program SPSS versi 18 for windows, namun sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Kecerdasan intelektual siswa sebagian besar termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kecerdasan emosional siswa sebagian besar termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan kecerdasan spiritual siswa sebagian besar termasuk dalam kategori tinggi, (ii) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan intelektual siswa terhadap hasil belajar siswa. Kecerdasan intelektual memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar siswa, (iii) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa. Kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar siswa, dan (iv) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual siswa bersama-sama terhadap hasil belajar siswa memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 05:22
Last Modified: 21 Mar 2018 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5898

Actions (login required)

View Item View Item