EfektivitasPenerapan Model PembelajaranKooperatifTipe STAD denganPendekatan SAVI-CTL dalamPembelajaranMatematikapadaSiswaKelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan

AMALIA, KIKI REZKY (2017) EfektivitasPenerapan Model PembelajaranKooperatifTipe STAD denganPendekatan SAVI-CTL dalamPembelajaranMatematikapadaSiswaKelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (79kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeefektifan Model PembelajaranKooperatifTipe STAD denganPendekatan SAVI-CTLdalamPembelajaranMatematikapadaSiswaKelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan KabupatenGowa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan KabupatenGowadansampelyaknikelas VII.Csebagaikelaseksperimen yang dipilihmenggunakantekniksimple random sampling.Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar siswa, data aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran dan data respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran.Datadianalisismenggunakananalisisdeskriptifdananalisisinferensial. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaskorhasilbelajarmatematikasiswaberadapadakategoritinggidenganmean 81,17 danstandardeviasi 6,64, tingkatketuntasansecaraklasikalsebesar88%, rata-rata gain ternormalisasihasilbelajarberadapadakategoritinggi, aktivitassiswadalampembelajaranberadapadakategoricenderungaktif dengan skor rata-rata 3,28, dan respons siswa terhadap penerapan model kooperatiftipe STAD denganPendekatan SAVI-CTL berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,55. Secaraumumdisimpulkanbahwa modelkooperatiftipeSTAD denganPendekatan SAVI-CTLefektifditerapkandalampembelajaranmatematikapada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan KabupatenGowa. Kata Kunci: KooperatifSTAD, pendekatanSAVI, pendekatan CTL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 04:26
Last Modified: 21 Mar 2018 04:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5897

Actions (login required)

View Item View Item