Pengembangan Model Bermain Peran Makro Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Usia Dini kelompok B di TK Buah Hati Borong Raya Makassar

HALIFAH, SYARIFAH (2017) Pengembangan Model Bermain Peran Makro Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Usia Dini kelompok B di TK Buah Hati Borong Raya Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL Syarifah Halifah Pps Paud UNM 2017.docx

Download (67kB)

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian dan pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan model bermain peran makro berbasis audio visual dalam meningkatkan keterampilan sosial yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan Research ad Deelopment. Subjek penelitian adalah guru dan 10 anak di TK Buah Hati Makssar. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan instrument penilaian yang terdiri dari lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan model, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan anak, dan angket respon guru. Data dianalisis melalui deskriptif kualitatif dan kuantitatif, maka hasil penelitian pengembangan diperoleh dari uji validitas model bermain peran makro berbasis audio visual untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dengan skor keseluruhan aspek yaitu 3,3 dan video sebagai media audio visual yaitu 3,7, uji validitas empirik untuk menilai tingkat analisis kepraktisan model yaitu dengan skor 3,5 sedangkan tingkat keefektifan model mencapai 3,2 dan angket respon guru dikatakan efektif jika nilai intervalnya > 85% dengan hasil keselurahan guru memberikan respon positif yaitu 96% yang setuju menggunakan video bermain peran makro dapat meningkatkan keterampilan sosial anak dengan kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:35
Last Modified: 21 Mar 2018 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item View Item