Pengaruh Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran di SMAN di Kabupaten Buton Selatan

MASUDDIN, LA ODE (2017) Pengaruh Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran di SMAN di Kabupaten Buton Selatan. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Chapter 1.1A.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kemampuan guru melaksanakan pembelajaran,(2) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kemampuan guru melaksakan pembelajaran, (3) pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kemampuan guru melaksanakan pembelajaran melalui motivasi kerja guru, (4) pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap kemampuan guru melaksanakan pembelajaran melalui motivasi kerja guru, dan (5) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada SMA Negeri di Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, Populasi penelitian adalah semua guru PNS pada SMA Negeri di Kabupaten Buton Selatan Jumlah sampel sebanyak 103 orang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas, komunikasi interpersonal, motivasi kerja guru, dan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran berada pada kategori baik. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, (2) Komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dengan guru berpengaruh signifikan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah melalui motivasi kerja guru terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, (4) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui motivasi kerja guru, (5) Motivasi kerja guru berpengaruh signifikan terhadap kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada SMA Negeri di Kabupaten Buton Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:18
Last Modified: 21 Mar 2018 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item View Item