PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BUNGORO

RIDWAN, RIMAYANTI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BUNGORO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Ilmiah Rimayanty.doc

Download (9MB)

Abstract

Masa depan suatu bangsa sangat tergantung pada mutu sumber daya manusianya dan kemampuan para peserta didiknya untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut hanya dapat terwujud melalui pendidikan, baik pendidikan dalam keluarga, pendidikan masyarakat maupun pendidikan sekolah. Saat ini pendidikan sekolah wajib diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena dengan mengenyam pendidikan kita dapat mengikuti arus global dan dapat mengejar ketertinggalan dari bangsa lain. Namun dalam kenyatannya, masih banyak orang yang belum dapat mengenyam pendidikan sekolah, karena: (1) faktor ekonomi (anak-anak terpaksa bekerja untuk mendukung ekonomi keluarga), (2) kasus putus sekolah bagi anak-anak usia sekolah masih relatif tinggi, dan (3) pernikahan di usia dini. Dunia pendidikan di Indonesia saat ini menghadapi berbagai masalah, salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan yaitu lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang didorong untuk meningkatkan kemampuan berfikir, tanpa disadari di dalam kelas, peserta didik lebih banyak diarahkan kepada kemampuan untuk menghafal informasi, otak peserta didik dipaksa untuk mengingat dan menumpuk informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:11
Last Modified: 21 Mar 2018 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5882

Actions (login required)

View Item View Item