Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri Kabupaten Jeneponto (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ismail Tolla, M.Pd. dan Dr. Ratmawati, M.Pd.).

Khaeril, Bahri (2013) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri Kabupaten Jeneponto (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ismail Tolla, M.Pd. dan Dr. Ratmawati, M.Pd.). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Khaeril Bahri. 2013..docx

Download (15kB)

ABSTRAK Khaeril Bahri. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri Kabupaten Jeneponto (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ismail Tolla, M.Pd. dan Dr. Ratmawati, M.Pd.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tiga skala yakni skala gaya kepemimpinan situasional, skala iklim kerja sekolah, dan skala profesionalisme guru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 216 orang guru SMP Negeri di Kabupaten Jeneponto. Teknik pengambilan anggota sampel penelitian menggunakan teknik Proportional Random Samplingdengan mengambil 50% dari jumlah populasi sehingga diperoleh 108 jumlah anggota sampel dalam penelitian.Hasil analisa regresi linear sederhana variabel X1 terhadap variabel Y diperoleh nilai signifikansi 0,598 (0,598> 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan situasional (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profesionalisme guru (Y) sedangkan signifikansi pengaruh variabel X2 dengan variabel Y sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa iklim kerja sekolah (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru (Y).Kontribusi variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap variabel Y = R2 x 100%atau 0,130 x 100% = 13% sedangkan sisanya 87% ditentukan oleh variabel lain. Sedangkan untuk nilai signifikansi variabel X1,2terhadap variabel Y adalah 0,001 (0,001< 0,05). Berdasarkan hasil analisa tersebut dapat diketahui bahwa variabel gaya kepemimpinan situasional (X1) dan iklim kerja sekolah (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel profesionalisme guru. Kata kunci: profesionalisme guru, iklim kerja sekolah, gaya kepemimpinan situasional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:10
Last Modified: 29 Apr 2016 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item