Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 22 Makassar

YULIANA, RAHMI (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 22 Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (42kB)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik, untuk mengetahui keterlasanaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 22 Makassar tahun pelajaran 2016/2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 7 kelas. Dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling maka dari seluruh kelas X MIPA yang ada di SMA Negeri 22 Makassar maka dipilihlah kelas X MIPA 6 sebagai sampel penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas X MIPA 6 untuk data hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, data aspek aktivitas siswa berada pada kategori aktif, untuk aspek respon siswa berada pada kategori positif, dan data keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan baik. Sehingga berdasarkan kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 22 Makassar efektif. Kata Kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Saintifik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:57
Last Modified: 21 Mar 2018 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item