Analisis Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Di Tinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma Negeri 1 Banda Neira

KEPA, SHAFRIATY (2017) Analisis Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Di Tinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma Negeri 1 Banda Neira. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel vivi.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikanpemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banda Neira dalam menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri ditinjau dari gaya belajar siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 1 Banda Neira. Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggunakan IGB, kemudian dilanjutkan dengan pemberian TPK, TPM dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan indikator analisis pemahaman konsep diperoleh hasil penelitian dengan (1) SubjekVisual, yaitu menyatakan definisi belum lengkap, mengungkapkan dengan lancar serta berpikir dengan mata fokus melihat gambar pada lembar soal; memberikan contoh yang ada pada soalserta contoh lain;mengilustrasikan gambar dan menjelaskan simbol yang digunakan, tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan; menggunakan dua cara; (2) SubjekAuditorial, yaitu menyatakan definisi dengan jelas,mengungkapkan sambil berpikir dengan menggerakkan bibirnya; memberikan contoh yang ada pada soalserta contoh lain;menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dengan kata-katanya sendiri, serta mengilustrasikan gambar dan menjelaskan simbol yang digunakan dengan jelas; menggunakan satu cara;(3) SubjekKinestetik, yaitu menyatakan definisi dengan jelas, mengungkapkan dengan perlahan sambil mengetuk-ngetukan pena diatas lembar jawaban dan jari diatas meja; memberikan contoh yang ada pada soal;menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dengan kata-katanya sendiri serta mengilustrasikan gambar tetapi simbol yang digunakan pada gambar belum jelas;menggunakan dua cara. Berdasarkan indikator analisis kemampuan pemecahan masalah diperoleh hasil penelitian dengan (1) SubjekVisual, yaitu membaca soal satu kali dalam hati, menuliskan kembali yang diketahui dan ditanyakan dengan kata-kata sendiri, belum menggunakan simbol; mengilustrasikan gambar dan menggunakan simbol, menyebutkan rumus yang digunakan, mengungkapkan dengan lancar dan detail, berpikir dengan mata tertutup seperti mengingat sesuatu dengan penggambaran visual; sesuai dengan tahap awal pada menyusun rencana, menjelaskan alasan yang logis untuk setiap langkah yang sudah dikerjakan; memperhatikan setiap langkah yang diterapkan sesuai dengan tahap menyusun rencana dengan memberikan alasan yang logis dan mengevaluasi cara lain untuk membuktikan hasil akhir yang didapat; (2) SubjekAuditorial, yaitu membaca soal dua kali bersuara keras, menuliskan kembali yang diketahui dan ditanyakan dengan kata-kata sendiri serta menggunakan simbol; mengilustrasikan gambar, menggunakan simbol serta menuliskan keterangan gambar dengan jelas,menyebutkan rumus yang digunakan, mengungkapkan dengan lancar dan detail dengan berpikir seperti mengingat informasi yang diketahui dengan menundukkan wajahnya kebawah; sesuai dengan tahap awal pada menyusun rencana, menjelaskan alasan yang logis untuk setiap langkah yang sudah dikerjakan; memperhatikan setiap langkah yang diterapkan sesuai dengan tahap menyusun rencana dengan memberikan alasan yang logis dan mengevaluasi cara lain untuk membuktikan hasil akhir yang didapat; (3) SubjekKinestetik, yaitu membaca soal sebanyak dua/tiga kali didalam hati, menggunakan jarinya sebagai penunjuk sambil mengangkat lembar soal serta menuliskan kembali yang diketahui dan ditanyakan dengan kata-kata sendiri, belum menggunakan simbol yang sesuai; mengilustrasikan gambar dan menggunakan simbol serta menuliskan keterangan gambar, menyebutkan rumus yang digunakan, mengungkapkan dengan perlahan sambil menunjuk dengan jarinya serta berpikir dengan mengetuk-ngetuk meja dengan jarinya;sesuai dengan tahap awal pada menyusun rencana, menjelaskan alasan yang logis untuk setiap langkah yang sudah dikerjakan; memperhatikan setiap langkah yang diterapkan sesuai dengan tahap menyusun rencana dengan memberi alasan yang logis dan mengevaluasi cara lain untuk membuktikan hasil akhir yang didapat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:30
Last Modified: 21 Mar 2018 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5874

Actions (login required)

View Item View Item