Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Strategi Think Talk Write dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 1 Polut Kabupaten Takalar

HERNAWATI, HERNAWATI (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Strategi Think Talk Write dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 1 Polut Kabupaten Takalar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL ERNA.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Strategi Think Talk Write pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Polut Kabupaten Takalar dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, THB, LOAS, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, LKS. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Strategi Think Talk Write berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 83,03 dan standar deviasi 6,24. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Strategi Think Talk Write efektif dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 1 Polut Kabupaten Takalar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:26
Last Modified: 21 Mar 2018 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5872

Actions (login required)

View Item View Item