Komparasi Daya Matematis Antara Siswa Yang Diajar Melalui Stratetgi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar

PUJIARTI, TITI (2017) Komparasi Daya Matematis Antara Siswa Yang Diajar Melalui Stratetgi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran, perbedaan peningkatan Daya Matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif strategi TTW dengan strategi TAPPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan ”pretest-posttest two group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 250 siswa. Penelitian melibatkan dua kelas eksperimen, yakni kelas VIII 3 yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VIII 4 yang terdiri dari 28 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Kelas ekperimen pertama diberi perlakuan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif strategi TTW dan kelas ekperimen kedua diberi perlakuan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif strategi TAPPS. Instrumen yang digunakan adalah tes daya matematis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis Multivariate Analysis Of Varians (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Daya matematis (kemampuan pemahaman konsep) setelah penerapan strategi TTW berada pada kategori tinggi, komunikasi matematis berada pada kategori sedang, dan pemecahan masalah matematika berada pada kategori tinggi, peningkatan daya matematis berada pada kategori tinggi. Dan daya matematis (kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis) setelah penerapan strategi TAPPS berada pada kategori sedang dan pemecahan masalah matematika berada pada kategori tinggi, peningkatan daya matematis berada pada kategori sedang. (2) Terdapat perbedaan peningkatan daya matematis siswa yang diajar dengan strategi TTW dan TAPPS. (3) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar dengan strategi TTW dan TAPPS. (4) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan strategi TTW dan TAPPS. (5) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan strategi TTW dan TAPPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:13
Last Modified: 21 Mar 2018 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5870

Actions (login required)

View Item View Item