Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Opponent-Process Theory pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar.

Nur, Rizky JK (2014) Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Opponent-Process Theory pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nur Rizky, junianti.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Rizky JK. 2014. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Opponent-Process Theory pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh H. Djadir dan Ahmad Zaki). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Opponent-Process Theory. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket motivasi belajar siswa, tes hasil belajar siswa yang dilakukan tiap akhir siklus. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa baik pada siklus I maupun pada siklus II mencapai kategori tinggi dari skor ideal 165. (2) Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari awal observasi ke siklus I maupun ke siklus II yaitu 70,87 menjadi 84,50 Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Opponent-Process Theory dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X1 SMA Negeri 10 Makassar tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Opponent-Process Theory, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:10
Last Modified: 29 Apr 2016 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item