Pengaruh Penerapan Model Kooperatif TGT Terintegrasi PAIKEM dan Sikap Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran SPLDV Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ambon

ALWI, AHMAD (2017) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif TGT Terintegrasi PAIKEM dan Sikap Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran SPLDV Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ambon. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan sikap siswa tentang SPLDV terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep SPLDV, (2) Apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah SPLDV, siswa yang diajar melalui model pembelajaran Team Games Tournament terintegrasi PAIKEM dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran Team Games Tournament, (3) Apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep SPLDV, siswa yang diajar melalui model pembelajaran Team Games Tournament terintegrasi PAIKEM dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran Team Games Tournament, (4) Apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah SPLDV, siswa yang memiliki sikap positif dengan siswa yang memiliki sikap negatif tentang SPLDV,(5) Apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep SPLDV, siswa yang memiliki sikap positif dengan siswa yang memiliki sikap negatif tentang SPLDV. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambon tahun pelajaran 2016-2017 di kota Ambon. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII6 dan kelas VIII2, banyaknya anggota sampel dalam penelitian ini adalah 47 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket sikap tentang matematika, tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan pemahaman konsep. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis Multivariate Analysis of Varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif dengan sikap siswa tentang SPLDV terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep SPLDV, (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah SPLDV siswa yang diajar melalui model pembelajaran Team Games Tournament terintegrasi PAIKEM dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran Team Games Tournament, (3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep SPLDV siswa yang diajar melalui model pembelajaran Team Games Tournament terintegrasi PAIKEM dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran Team Games Tournament, (4) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah SPLDV, siswa yang memiliki sikap positif dengan siswa yang memiliki sikap negatif tentang SPLDV, (5) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep SPLDV, siswa yang memiliki sikap positif dengan siswa yang memiliki sikap negatif tentang SPLDV.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 00:35
Last Modified: 21 Mar 2018 00:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item