Implementasi Supervisi Akademik Pengawas di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto (dibimbing oleh Hanafie Mahtika dan Husain Syam).

Kasmawati, Kasmawati (2014) Implementasi Supervisi Akademik Pengawas di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto (dibimbing oleh Hanafie Mahtika dan Husain Syam). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
KASMAWATI, 2014..docx

Download (17kB)

ABSTRAK KASMAWATI. 2014. Implementasi Supervisi Akademik Pengawas di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto (dibimbing oleh Hanafie Mahtika dan Husain Syam). Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui: 1). Perencanaan supervisi akademik Pengawas di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto. 2). Pelaksanaan supervisi akademik Pengawas di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto. 3) Gambaran evaluasi hasil supervisi akademik Pengawas di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto. 4). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti yang bertindak sebagai instrumen penelitian dengan sumber data pengawas madrasah, dan guru mata pelajaran yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis datanya yaitu colecting data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun tehnik pengabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) Perencanaan sudah terlaksana dengan baik, antara lain dalam perumusan tujuan, penentuan komponen-komponen yang akan disupervisi, penetapan dalam jadwal pelaksanaan dan penetapan model dan tehnik supervisi yang berdasarkan pada tujuan yang telah ditetapkan; 2) Pelaksanaan supervisi akademik pengawas di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto sudah baik utamanya dalam ketercapaian aspek-aspek supervisi dan penggunaan waktu sedangkan pemilihan tehnik masih perlu lebih bervariasi; 3) Evaluasi hasil supervisi akademik pengawas sudah baik antara lain dalam pencapaian tujuan, penggunaan waktu dan ketercapaian aspek-aspek yang disupervisi. Sedangkan yang perlu mendapatkan perhatian adalah penanggungjawab dalam penilaian kinerja kepala madrasah oleh supervisor yaitu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto belum terlaksana; 4) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi supervisi akademik oleh pengawas di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Jeneponto adalah : a) Faktor pendukung antara lain motivasi tinggi dari atasan, wawasan pengawas tentang supervisi yang luas, qualifikasi pendidikan pengawas sesuai bidangnya, pemahaman guru yang baik tentang tupoksinya dan iklim madrasah yang kondusif; b) faktor penghambat antara lain, wilayah kerja pengawas yang terlalu luas, keterbatasan SDM pengawas, Kemampuan ketrampilan guru dalam penguasaan IT masih rata-rata, koleksi buku perpustakaan tentang referensi penunjang guru di madrasah yang masih kurang meski bangunan perpustakaannya indah dan sistem yang sudah terotomasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:10
Last Modified: 29 Apr 2016 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item