Peningkatan motivasi dan hasil belajar geografi melalui model pembelajaran berbasis inquiry based learning pada siswa kelas X-A SMA Frater Makassar

Tirangka, Matius (2017) Peningkatan motivasi dan hasil belajar geografi melalui model pembelajaran berbasis inquiry based learning pada siswa kelas X-A SMA Frater Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (183kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing berlangsung sebanyak 2 kali pertemuan, dengan Materi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika hidrosfer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Frater Makassar tahun pelajaran 2016/2017 semester genap sebanyak 35 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Motivasi belajar siswa pada pembelajaran geografi di SMA Frater Makassar. (2) Gambaran hasil belajar geografi di SMA Frater Makassar. (3) Hubungan penggunaan model pembelajaran berbasis inquiry based learning terhadap peningkatan motivasi balajar siswa di SMA Frater Makassar. (4) Hubungan penggunaan model pembelajaran berbasis inquiry based learning terhadap peningkatan hasil balajar siswa di SMA Frater Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi tentang aktivitas siswa, observasi tentang aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa pada setiap siklus pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Motivasi belajar siswa pada pembelajaran geografi terlihat semangat, inovatif, dan kreatifnya siswa dalam mengajukan pertanyaan. (2) Gambaran hasil belajar geografi Pada siklus I ketuntasan hasil belajar klasikal siswa yang tuntas belajar sebanyak 69 persen dan pada siklus II meningkat menjadi 86 persen. (3) Hubungan penggunaan model pembelajaran berbasis inquiry based learning terdapat hubungan antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa dimana model pembelajaran Inquiry Based Learning lebih ditekankan pada diskusi kelompok (4) Hubungan penggunaan model pembelajaran berbasis inquiry based learning terlihat pada hasil aktivitas siswa dan aktivitas guru terhadap pembelajaran Inquiry Based Learning adanya peningkatan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 07:42
Last Modified: 20 Mar 2018 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item