Pengaruh Konsep Diri dan Aktivitas Belajar Terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar

Retnowaty J, Retnowaty J (2017) Pengaruh Konsep Diri dan Aktivitas Belajar Terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL Retnowaty J.docx

Download (343kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung positif: i) konsep diri terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar; ii) aktivitas belajar terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar; iii) konsep diri dengan motivasi belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar; iv) aktivitas belajar dengan motivasi belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar; dan v) motivasi belajar dengan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar dengan jumlah 302 orang. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 188 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan pemahaman konsep fisika yang telah diuji coba empirik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial, analisis faktor dan verifikasi model struktural AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan pengaruh konsep diri, aktivitas belajar, motivasi belajar, dan pemahaman konsep fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: i) konsep diri tidak berpengaruh langsung positif terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar ii) aktivitas belajar tidak berpengaruh langsung positif terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar; iii) konsep diri berpengaruh langsung positif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar; iv) aktivitas belajar berpengaruh langsung positif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar; dan v) motivasi belajar berpengaruh langsung positif terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 07:30
Last Modified: 20 Mar 2018 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5852

Actions (login required)

View Item View Item