Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Metakognisi terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Enrekang

RASMIATI, RASMIATI (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Metakognisi terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL RASMIATI.doc

Download (123kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran metakognisi dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional di SMK Negeri 2 Enrekang; (ii) peningkatan hasil belajar siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran metakognisi dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional di SMK Negeri 2 Enrekang; (iii) efektivitas model pembelajaran metakognisi dalam pembelaran memberi zat pengatur tumbuh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI ATPH 1 (kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran metakognisi) dan peserta didik kelas XI ATPH 2 (kelas yang dibelajarkan dengan metode konvensinal) yang dipilih melalui teknik undian, masing-masing 19 orang untuk kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran metakognisi dan 20 orang untuk kelas yang dibelajarkan dengan mdel pembelajaran konvensinal. Pengujian hipotesis dari penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Strategi pembelajaran dalam model pembelajaran metakognisi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta siswa; (ii) bersarkan perbandingan antara Thitung > Ttabel (2, 19 > 2,03) menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontorl dan kelas eksperimen; (iii) kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik di bandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 06:13
Last Modified: 20 Mar 2018 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5841

Actions (login required)

View Item View Item