Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 1 Baraka

HADARA, HADARA (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 1 Baraka. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL HADARA.docx

Download (56kB)

ABSTRAK Perubahan paradigma dari pendekatan pembelajaran tradisional menjadi pendekatan yang berpusat pada siswa perlu dipertimbangkan dan terus dikembangkan. Hal ini bertujuan agar siswa lebih aktif membangun pengetahuan secara mandiri. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan pada siswa secara aktif dapat menghasilkan informasi baru dengan menggunakan pengetahuan yang telah ada sebelumnya, menggunakan masalah tidak terstruktur sebagai konteks bagi siswa untuk memperoleh keterampilan pemecahan masalah dan pengetahuan dasar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan masalah pada materi program linear. Rancangan penelitian menggunakan quasy experimental design, dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Baraka tahun pelajaran 2016/2017 yang ditentukan secara acak. Data penelitian berupa skor kemampuan menyelesaikan masalah matematika dari 20 butir soal pilihan ganda, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dan presentase klasikal. Hasil penelitian pembelajaran program linear menggunakan model pembelajaran problem based learning menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang siginifikan kemampuan menyelesaikan masalah matematika sebelum dan sesudah perlakuan, (2) aktivitas siswa setiap pertemuan berkategori baik dilihat dari hasil observasi saat pembelajaran, (3) problem based learning direspon positif oleh siswa untuk diterapkan selama proses pembelajaran khususnya pada materi program linear. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa SMAN 1 Baraka materi program linear.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 06:02
Last Modified: 20 Mar 2018 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item