Pengembangan Perangkat pembelajaran Dengan Menggunakan Strategi POE Pada Materi Pokok Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

BASIR, SRI AGUSTIANI (2017) Pengembangan Perangkat pembelajaran Dengan Menggunakan Strategi POE Pada Materi Pokok Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS.docx

Download (48kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran proses pengembangan dan memperoleh perangkat pembelajaran dengan menggunakan strategi POE yang valid, praktis dan efektif pada materi pokok asam basa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan strategi POE pada materi pokok asam basa yang diujicobakan di SMA Negeri 1 Bulukumba berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model 4-D yang terbagi dalam empat tahapan yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku peserta didik (BPD), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan tes hasil belajar (THB). Data kevalidan diperoleh berdasarkan penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran dan hasil kevalidan berada pada kategori “valid”. Data keefektifan yang diperoleh berdasarkan hasil belajar peserta didik yang memiliki rata-rata 80,00 dari skor ideal 100 dengan peserta tuntas belajar 30 orang atau sebesar 85,00 %, dan data respon peserta didik yang memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Serta data kepraktisan diperoleh berdasarkan keterlaksanaan seluruh pembelajaran. Data menunjukkan bahwa memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:26
Last Modified: 20 Mar 2018 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5830

Actions (login required)

View Item View Item