Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII - 7 SMP Negeri 2 Makassar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick

Nur Fitriani, Zainal (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII - 7 SMP Negeri 2 Makassar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nur fitriani zainal.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Nur Fitriani Zainal, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII - 7 SMP Negeri 2 Makassar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengupayakan terjadinya peningkatan hasil belajar dan interaksi sosial siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII – 7 SMP Negeri 2 Makassar semester II tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 40 orang (17 laki-laki dan 23 perempuan). Siklus I dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket sosiometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang hasil belajarnya berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu 16 orang atau sebesar 40% dan terdapat 2 orang siswa yang terisolir dalam kelompoknya. Pada siklus II jumlah siswa yang hasil belajarnya berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu 36 orang atau sebesar 90% dan tidak terdapat siswa yang terisolir dari kelompoknya. Hal ini memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan interaksi sosial siswa kelas VII - 7 SMP Negeri 2 Makasaar. Hasil observasi menunjukkan adanya perubahan sikap siswa antara lain siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar, kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan soal cukup terjalin tanpa adanya hambatan baik perbedaaan kemampuan maupun jenis kelamin, motivasi siswa untuk belajar meningkat sehingga semangat siswa mengalami peningkatan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, keberanian siswa bertanya materi pelajaran yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan lisan guru mengalami peningkatan, siswa yang percaya diri mengerjakan soal di papan tulis mengalami peningkatan, dan siswa yang aktif pada saat kerja kelompok mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa semangat, keberanian dan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick, data kuantitatif hasil belajar,dan data kualitatif interaksi sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:10
Last Modified: 29 Apr 2016 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item