Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Reward Punishment dengan bantuan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gowa

ISTIQAMAH SYAM, SYAM, ISTIQAMAH (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Reward Punishment dengan bantuan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
artikel isthy.pdf

Download (479kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Reward Punishment dengan bantuan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gowa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling area strata berkelompok (cluster stratified random sampling).Dengan teknik tersebut, yang terambil secara acak menjadi sampel yakni MTs. Sultan Hasanuddin yang berakreditasi A pada kelas VIId, MTs. Muhammadiyah Limbung yang berakreditasi B pada kelas VIIb dan MTs. Muhammadiyah Lempangang yang berakreditasi C pada kelas VIIb. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan kognitif, serta angket respons siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori aktif dengan skor rata-rata 3,33, hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori sedang dengan mean79,29 dan standar deviasi 8,43, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 85,58%, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar berada pada kategori tinggi, respons siswa terhadap penerapan modelKooperatif Tipe Snowball Throwing Reward Punishment dengan bantuan Tutor Sebayaberada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,51. Secara umum disimpulkan bahwa modelkooperatif Tipe Snowball Throwing Reward Punishment dengan bantuan Tutor Sebaya efektif diterapkan dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2018 07:02
Last Modified: 19 Mar 2018 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5811

Actions (login required)

View Item View Item