Pengembangan Asesmen Proyek pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makassar.

Nirfayanti, Nirfayanti (2014) Pengembangan Asesmen Proyek pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NIRFAYANTI. 2014..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK NIRFAYANTI. 2014. Pengembangan Asesmen Proyek pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makassar. (Dibimbing oleh Komisi Penasehat Ruslan dan Anggota Djadir) Untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa diperlukan alat yaitu penilaian. NCTM menyatakan dewasa ini terjadi pergerakan dalam praktek penilaian matematika. Dengan demikian, diperlukan adanya asesmen alternatif yang tidak hanya berupa tes tertulis (paper and pencil test) tetapi juga mampu menilai kinerja atau penugasan proyek siswa. Untuk itu perlu diupayakan suatu teknik penilaian yang mampu mengungkap hasil maupun proses pembelajaran siswa. Oleh karena itu, banyak asesmen alternatif yang dapat digunakan salah satunya yaitu asesmen proyek. Asesmen proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran matematika secara jelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian proyek pada proses dan hasil belajar matematika pokok bahasan statistika di kelas VII SMP berdasarkan kurikulum 2013 yang valid, reliabel, objektif dan praktis untuk digunakan. Instrumen penilaian proyek pokok bahasan statistika diujicobakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar tahun akademik 2013/2014. Proses pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang diadaptasi dari Plomp, terdiri atas fase investigasi awal, desain, realisasi, serta tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon guru. Hasil penelitian baik secara teoritik maupun empirik menunjukkan bahwa perangkat penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) valid menurut penilaian pakar dan secara empirik butir instrumen adalah valid, (2) secara rasional instrumen penilaian reliabel dan secara empirik memiliki reliabilitas internal instrumen yang tinggi, (3) objektif, siswa memperoleh hasil penilaian yang relatif sama dari dua penilai sehingga rubrik telah memberikan penilaian yang objektif, dan (4) praktis, guru memberikan respons positif terhadap perangkat penilaian proyek dan model pembelajaran berbasis proyek sebagian besar terlaksana. Hasil penelitian dan pengembangan instrumen penilaian proyek pokok bahasan statistika sebagaimana hasil uji coba tersebut diatas, menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut telah memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, objektivitas dan kepraktisan, sebagai alat evaluasi yang dapat digunakan lebih lanjut oleh para guru Matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kata Kunci: Asesmen Alternatif, Asesmen Proyek, Penilaian, Valid, Reliabel, Objektif, Praktis, Pembelajaran Berbasis Proyek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:09
Last Modified: 29 Apr 2016 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item