Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Di SD Negeri 158 Mundan Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang

Hasmia, Hasmia (2017) Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Di SD Negeri 158 Mundan Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL HASMIA.docx

Download (45kB)

ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Di SD Negeri 158 Mundan Kabupaten Enrekang yang meliputi: peningkatan mutu, faktor pendukung peningkatan mutu dan faktor penghambat penigkatan mutu.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, Komite Sekolah dan Orangtua siswa. Data dikumpulkan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan Peningkatan Mutu Sekolah di SD Negeri 158 Mundan Kecamatan Maslle Kabupaten Enrekang yang terdiri dari 3 dimensi yakni: (a) Dimensi pertama Perencanaan, Dalam perencanaan manajemen peningkatan mutu sekolah kepala sekolah kepala sekolah memiliki Misi yang jelas dan distingtif. Hal ini dibuktikan dengan dibentuknya Tim Pengembang Kurikulum. Tim inilah yang merumuskan visi,misi, dan tujuan sekolah. Mengupayakan sekolah selalu mitra masyarakat. Kepala sekolah juga mempunyai strategi untuk mencapai Misi, antara lain, (1) Mengundang Komite Sekolah bersama orangtua siswa membicarakan hal-hal yang dianggap prinsip untuk dibicarakan bersama. (2) Mengadakan supervisi baik berupa supervisi perencanaan, supervisi proses, maupun supervisi penilaian. (3) Mengontrol pembelajaran setiap hari. (4) Sering mengadakan komunikaasi kepada guru maupun siswa tentang masalah pembelajaran. (5) Berusaha mencari solusi apabila ada masalah yang dihadapi.(b) Dimensi ke dua Pelaksanaan. (c) Dimensi ketiga Evaluasi. 2) Faktor pendukung penerapan manajemen peningkatan mutu sekolah di SD Negeri 158 Mundan Kabupaten Enrekang adalah : pertama jumlah guru yang sudah cukup walaupun sebagian dari mereka masih berstatus honorer. Kedua kondisi geografis sekolah yang letaknya dekat pemukiman penduduk, membuat siswa tidak terlambat datang ke sekolah. Faktor Pengambat penerapan manajemen peningkatan mutu di SD Negeri 158 Mundan Kabupaten Enrekang adalah: pertama masih ada tenaga pendidik yang belum berkualipikasi S1. Kedua sarana dan prasarana belum memadai,. Ketiga kurangnya perhatian orangtua siswa. Keempat Kurangnya perhatian Komite sebagai organisasi orangtua siswa. Kelima Akses komunikasi apalagi internet tidak memadai.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2018 05:37
Last Modified: 19 Mar 2018 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5796

Actions (login required)

View Item View Item