Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang.

Nurdia Ikawati, Ikawati, Nurdia (2017) Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL NURDIA IKAWATI.docx

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah menegaskan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal yaitu: dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.salah satu yang paling penting adalah kompotensi manajerial. Tujuan Penelitian ini adalah (1) ntuk mengetahui gambaran kemampuan manajeral kepala sekolah di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung kemampuan manajerial kepala sekolah di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat kemampuan manajerial kepala sekolah di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Pengawas Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan manajerial kepala sekolah di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang menurut Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah /Madrasah belum sepenuhnya maksimal dimiliki. (2) Faktor-faktor yang mendukung kemampuan manajerial kepala sekolah di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang adalah Komitmen untuk selalu menjadi contoh di sekolah dan jumlah siswa yang cukup. (3) Faktor-faktor yang menghambat kemampuan manajerial kepala sekolah di SD Negeri 98 Tongko Kabupaten Enrekang adalah kurang mampu menggunakan TIK dan belum ada kerja sama yang baik dari semua pihak disekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2018 03:06
Last Modified: 19 Mar 2018 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item View Item