Peran Komite Sekolah di SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang.

Fitri Rahmawati, Rahmawati, Fitri (2017) Peran Komite Sekolah di SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL FITRI RAHMAWATI.docx

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kinerja Komite Sekolah dilihat dari segi peran dan fungsi di SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, faktor pendukung dan penghambat kinerja komite sekolah di SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Lokasi penelitian ini dipusatkan di SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ganbaran peran komite sekolah di SMP Negeri 1 Alla kabupaten Enrekang dapat disimpulkan bahwa: (i) Peran komite sekolah dilihat dari peran dan fungsi di SMP Negeri 1 Alla kabupaten Enrekang, berjalan sesuai dengan baik. Dengan asumsi bahwa pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan di satuan pendidikan melibatkan semua unsur. Semua unsur yang ada mendukung sepenuhnya semua kegiatan yang terkait dengan peningkatan kualitas peserta didik, kenyamanan sekolah, keterpenuhan sarana dan prasarana sekolah. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah, guru-guru maupun komite sekolah. sementara yang menjadi mediator dengan masyarakat dan orang tua siswa adalah tugas guru. Pembahasan yang sering kali di bicarakan dalam melakukan mediasi dengan pemerintah maupun orang tua siswa adalah masalah sarana prasarana sekolah (ii) faktor pendukung adanya komitmen yang besar dari orang tua siswa dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga mendukung terbentuknya komite sekolah. Selain itu adanya kesamaan visi misi, komunikasi dan kerjasama yang baik antara sekolah dan pihak komite sekolah sehingga kegiatan-kegiatan dapat berjalan dengan baik. (iii) Faktor penghambat yakni kurangnya SDM dan kurangnya intensitas waktu yang dibutuhkan untuk membahas lebih jauh tentang kegiatan-kegiatan sekolah, hal tersebut dikarenakan anggota komite sekolah yang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. selain itu dana dan sarana prasarana sekolah juga menjadi faktor penghambat dalam keterlaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2018 02:53
Last Modified: 19 Mar 2018 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5789

Actions (login required)

View Item View Item