Manajemen Peningkatan Sarana dan Prasarana Sekolah di SMA Negeri 1 Curio Kabupaten Enrekang

UDI, UDI (2017) Manajemen Peningkatan Sarana dan Prasarana Sekolah di SMA Negeri 1 Curio Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL UDI D.docx

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Manajemen Peningkatan Sarana dan Prasarana Sekolah di SMA Negeri 1 Curio Kabupaten Enrekang. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Curio Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakasek Sarana dan Prasarana, Guru, Pengelola Laboratorium dan Pengelola Perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen sarana dan prasarana Sekolah di SMA Negeri 1 Curio Enrekang, terdiri dari (1) Manajemen sarana dan prasarana pembelajaran yang terdiri dari: a) perencanaan sarana dan prasarana sesuai dengan mekanisme, proses perencanaan dibuat dari tim unit kerja masing-masing yang bertanggungjawab langsung, kemudian diteruskan kepada atasan yang lebih berkompeten untuk menentukan pengadaan barang; (b) pengadaan sarana dan prasarana disesuaikan dengan ketersediaan dana, namun ketersediaan sarana dan prasarana belum sesuai dengan rasio peserta didik; (c) Penyimpanan sarana dan prasarana dilakukan oleh pengelola pada masing-masing divisi. (d) inventarisasi sarana dan prasarana dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada yakni dengan mencatat dan menyusun daftar inventarisasi barang-barang milik instansi/unit kerja secara teratur secara tertib; (e) pemeliharaan sarana dan prasarana dengan cara: pemeliharaan barang dilakukan pengecekan secara berkala agar terhindar dari kerusakan; (2) Faktor pendukung adalah siswa dan guru yang dijadikan sebagai alasan mengapa sarana dan prasarana tersebut perlu diadakan, serta dana yang menjadi faktor pendukung dalam pengadaan sarana dan prasarana yang ada. (3) Faktor penghambat sarana dan prasarana sekolah adalah dana yang masih terhitung minim untuk memenuhi semua kebutuhan sarana dan parasarana serta keterbatasan lahan yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan sarana yang akan diadakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2018 02:34
Last Modified: 19 Mar 2018 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5788

Actions (login required)

View Item View Item