Pengembangan Materi Multibahasa untuk Siswa Pesantren

TAHIR, SAIDNA ZULFIQAR AZWAR BIN (2017) Pengembangan Materi Multibahasa untuk Siswa Pesantren. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
5. DISERTASI-MULTILINGUAL MATERIAL DEVELOPMENT-rev.doc

Download (52MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menginvestigasi implementasi pembelajaran multibahasa di pesantren; (2) untuk mengeksplor kebutuhan siswa, guru, dan stakeholder pesantren akan materi pembelajaran multibahasa; (3) untuk mengembangkan materi pembelajaran multibahasa yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara multibahasa; (4) untuk mengukur efektifitas materi pembelajaran multibahasa yang telah dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Penelitian ini telah dilaksanakan Pesantren IMMIM, Pesantren Pondok Madinah, dan Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara di kota Makassar yang dipilih secara purposive dan random untuk terlibat dalam penelitian ini sesuai dengan tahapan-tahapan R&D. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, interview, angket untuk need analysis, tes berbicara, dan dokumentasi dari aktifitas belajar-mengajar di pesantren. Data kualitatif dianalisa secara diskriptif melalui tiga tahapan model yaitu, penyajian, reduksi, dan perifikasi. Data yang diperoleh dari angket analisa kebutuhan dianalisa secara diskriptif menggunakan analisa SWOT. Data kuantitatif dari spoken tes dan angket acceptability dan aplikability dari materi yang telah dikembangkan dianalisa menggunakan SPPP versi 17.0. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) implementsi pembelajaran multibahasa menngunakan eklektik (penggabungan) beberapa pendekatan termasuk immersion, transitional, dual language, dan pullout. Selain itu juga menggunakan empat strategi utama yaitu; komunikasi guru-siswa,hubungan siswa dan siswa lain, rutinitas sehari-hari, dan aktifitas grup bahasa. Sedangkan model pengajarannya menggunakan MTB bersamaan-bertahap; (2) siswa, guru, dan stakeholder butuh mempelajari multibahasa untuk berkomunikasi dengan native speaker, berorientasi masa depan menggunakan bahasa non formal. Komponen prioritas dari pembelajaran multibahasa mencakup kosa kata dan dialog sehari-hari, mereka juga membutuhkan materi multibahasa yang tepat seperti silabus, RPP, dan buku ajar; (3) menyesuaikan materi multibahasa dengan silabus, RPP, dan buku ajar yang telah ada; (4) hasil analisa dari semua pretes dan posttest pada uji coba skala kecil, sedang, dan besar menunjukkan bahwa nilai probability adalah (0.00) lebih kecil dibanding tingkat signifikansi pada t-tabel (0.05). Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa pengembangan materi ajar mutibahasa sangat memberikan kontribusi dan efektifitas terhadap pembelajaran multibahasa di pesantren.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:26
Last Modified: 16 Mar 2018 08:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5777

Actions (login required)

View Item View Item