Pengaruh Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Se Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Hasnawati, Hasnawati (2017) Pengaruh Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Se Kecamatan Rappocini Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (61kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlandaskan pada hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Hal tersebut merupakan prakondisi yang harus ada pada diri sendiri dalam usaha untuk memotivasi siswa untuk belajar, yang selanjutnya berimplikasi pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran perhatian orang tua, motivasi belajar dan hasil belajar IPA (2) memperoleh gambaran pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPA (3) memperoleh gambaran pengaruh motivasi terhadap hasil belajar IPA (4) memperoleh gambaran pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA di SDN Se Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar IPA dan variabel bebasnya adalah perhatian orangtua dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Se Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan sampel berjumlah 116 orang siswa kelas V yang diambil dari secara random. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat perhatian orangtua berada pada kategori sedang, tingkat motivasi belajar berada pada kategori tinggi dan tingkat hasil belajar IPA berada pada kategori baik di SD Se-Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPA di SDN Se-Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA di SDN Se-Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Terdapat pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar IPA di SDN Se-Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama (simultan) dengan kontribusi sebesar 12,2% terhadap peningkatan hasil belajar IPA di SDN Se-Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:06
Last Modified: 16 Mar 2018 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5774

Actions (login required)

View Item View Item