Pelaksanaan Pilar Transparansi dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Malua Kabupaten Enrekang

Mastura, Mastura (2017) Pelaksanaan Pilar Transparansi dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Malua Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL MASTURA.docx

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini mengkaji pelaksanaan pilar transparansi dalam manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Malua Kabupaten Enrekang yang meliputi: pelaksanaan pilar transparansi, upaya meningkatkan, faktor pendukung, dan faktor penghambat pelaksanaan pilar transparansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Data dikumpulkan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Prinsip pelaksanaan pilar transparansi di SMA Negeri 1 Malua Kabupaten Enrekang yang terdiri dari 4 prinsip yakni: a) keterbukaan, b) standarisasi, c) mekanisme publik, dan pelaporan. Keempat prinsip tersebut sudah dilaksanakan sesuai dengan indikator pada masing-masing prinsip pelaksanaan pilar transparansi tersebut. 2) Upaya peningkatan pilar transparansi di SMA Negeri 1 Malua Kabupaten Enrekang yaitu: (a) kebijakan yang mendukung, (b) prosedur pengaduan. 3) Faktor pendukung yakni: (a) adanya dasar hukum dari pemerintah, (b) bantuan financial dari pemerintah, (c) sumber daya manusia yang dimiliki, (d) Kepedulian warga sekolah terhadap kemajuan sekolah, (e) kepala sekolah profesional di bidangnya, (f) perubahan organisasi di sekolah. 4) Faktor penghambat yakni: (a) hanya sekedar mengadopsi model apa adanya tanpa upaya kreatif, (b) kepala sekolah bekerja berdasarkan agendanya sendiri, (c) pengambilan keputusan berpusat pada satu pihak, (d) menganggap bahwa MBS hal biasa, (e) kurang terlibat dalam pelaksanaan, (f) memerlukan pelatihan bagi pihak yang terlibat, (g) kebingungan atas peran dan tanggung jawab baru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 06:58
Last Modified: 16 Mar 2018 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item View Item