Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 2 Anggeraja Kabupaten Enrekang

M.Nur, M.Nur (2017) Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Negeri 2 Anggeraja Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL M. NUR.docx

Download (64kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen sarana dan prasaran pendidikan di SMP Negeri 2 Anggeraja Kabupaten Enrekang yang meliputi: perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, pemeliharaan, an penghapusan sarana dan prasarana pendidikan serta faktor pendukung dan faktor penghambat. Lokasi penelitian ini dipusatkan di SMP Negeri 2 Anggeraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, urusan sarana dan prasarana, bendahara barang, laboran,dan pustakawan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian manajemen sarana dan prasarana pendidikan berdasarkan standar nasional di SMP Negeri 2 Anggeraja ditemukan bahwa manajemen sarana dan prasarana pendidikan, terdiri dari : (1) Manejemen sarana dan prasarana pembelajaran yang terdiri dari : (a) perencanaan sarana dan prasarana sudah sesuai dengan yang diharapkan. (b) pengadaan sarana dan prasarana berasal dari bantuan pemerintah berdasarkan RKAS dan komite sekolah. (c) inventarisasi sarana dan prasarana dilakukan oleh tim inventaris. (d) penyimpanan sarana dan prasarana dilakukan oleh bendahara barang dan masing-masing pengelola. (e) pemeliharaan sarana dan prasarana dengan cara pemeliharaan barang dilakukan pengecekan secara berkala agar terhindar dari kerusakan. (f) penghapusan sarana dan prasarana menjadi wewenang kepala sekolah untuk melaporkan kepada dinas Pendidikan untuk melakukan penghapusan terhadap perlengkapan sarana dan prasarana yang sudah tidak layak pakai/rusak; (2) Faktor pendukung manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah adanya komitmen yang tinggi dari guru dan pegawai tentang pentingnya manajemen sarana dan prasarana pendidikan. (3) faktor penghambat manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah tidak ada pengelola yang berpendidikan khusus manajemen, kurangnya dukungan komite,rendahnya kesadaran siswa dan minimnya dana untuk memenuhi semua kebutuhan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 06:53
Last Modified: 16 Mar 2018 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5767

Actions (login required)

View Item View Item