Analisis Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang

WARDOYO, EDY (2017) Analisis Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. BAB I (1-12).docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi di Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang menunjukkan dampak positif bagi berlangsungnya proses pendidikan. Hal tersebut ditunjukkan oleh minat peserta didik maupun masyarakat untuk menuntut ilmu di pesantren ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sejak tiga tahun pelajaran terakhir pihak pesantren membatasi jumlah peserta didik yang akan diterima. Hal ini, mengindikasikan telah dilakukannya pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan secara profesional dan efektif. Pencapaian tersebut, sangat dipengaruhi oleh penerapan kepemimpinan di pesantren. Kepemimpinan yang diterapkan dalam pelaksanaan pendidikan, yaitu kepemimpinan pembelajaran oleh kepala Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran strategi kepemimpinan pembelajaran kepala pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang; (ii) untuk mengetahui faktor pendukung kepemimpinan pembelajaran kepala Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang; dan (iii) untuk mengetahui faktor penghambat kepemimpinan pembelajaran kepala Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berusaha menganalisis dan menyajikan data secara alami dengan maksud menemukan dan menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Informan penelitian ini adalah kepala pesantren, guru, siswa, dan pihak stakeholder. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran kepala pesantren terlaksana melalui strategi misi yang jelas, hasil pembelajaran memiliki akuntabilitas luas, iklim pembelajaran kolaboratif dan fleksibel, sajian kurikulum mengedepankan ekspektasi tinggi serta mengembangkan profesionalisme di Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang. Faktor pendukung kepemimpinan pembelajaran kepala Pesantren Modern Darul Falah Kabupaten Enrekang berupa perencanaan, pelaksanaan dan monev dari program dan tujuan pesantren, komunikasi dan kerja sama yang baik antara seluruh pihak melalui keterlibatan stakeholder pendidikan. Sedangkan faktor penghambat kepemimpinan pembelajaran berupa dukungan pembiayaan terbatas, guru-guru kurang dilibatkan dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak eksternal pesantren, dan sarana penunjang belum sepenuhnya terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 06:27
Last Modified: 16 Mar 2018 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5763

Actions (login required)

View Item View Item