Pengaruh Pemanfaatan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Makassar

ANDIIRAWATI, ANDIIRAWATI (2017) Pengaruh Pemanfaatan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(i) gambaran pemanfaatan media visual dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Makassar, (ii) gambaran hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Makassar sebelum dan setelah menggunakan media visual, (iii) apakah ada pengaruh pemanfaatan media visual terhadap peningkatan hasil belajar IPS Siswakelas IV SD Inpres Mallengkeri II Makassar. Jenis penelitian merupakan true eksperiment dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Mallengkeri II Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Makassar yang berjumlah 70 orang, yang terdiri dari 35 siswa kelas IV A dan 35 siswa kelas IV B. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukandengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dan dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pemanfaatan media visual dalam pembelajaran IPS pada kelas eksperimen, aktivitas guru berada pada kategori sangat tinggi dan aktivitas siswa juga berada pada kategori sangat tinggi, (ii) Hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Makassar sebelum pemanfaatan media visual pada umumnya berada pada kategori sangat rendah baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Setelah pemanfaatan media visual pada kelas eksperimen hasil belajar meningkat berada pada kategori sangat tinggi sedangkan pada kelas kontrol yang pembelajarannya tanpa menggunakan media visual pada umumnya hasil belajar siswa berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajardengan menggunakan media visual dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media visual. Hal ini dilihat dari perbedaan hasil belajar IPS antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (iii) Pemanfaatan media visual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 05:50
Last Modified: 16 Mar 2018 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item