Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Mastery Learning Dengan Menggunakan Bantuan Tutor Sebaya Pada Siswa X.AP.1 SMK Negeri 1 Bulukumba.

Musdalifah, Musdalifah (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Mastery Learning Dengan Menggunakan Bantuan Tutor Sebaya Pada Siswa X.AP.1 SMK Negeri 1 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Musdalifah.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Musdalifah, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Mastery Learning Dengan Menggunakan Bantuan Tutor Sebaya Pada Siswa X.AP.1 SMK Negeri 1 Bulukumba. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Bilingual, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh: Djadir dan Suwardi Annas).Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengupayakan terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui strategi mastery learning dengan menggunakan bantuan tutor sebaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.AP.1 SMK Negeri 1 Bulukumba semester genap tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 32 orang. Siklus I dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar matematika siswa melalui strategi mastery learning dengan menggunakan bantuan tutor sebaya dapat dilihat dari hasil tes setiap siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data mengenai hasil belajar siswa diambil dari tes setiap siklus, data mengenai aktivitas siswa, keaktifan tutor, nilai karakter dan keterampilan sosial yang diambil pada saat dilaksanakan tindakan dengan menggunakan lembar observasi serta data mengenai respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi mastery learning dengan menggunakan bantuan tutor sebaya diperoleh melalui angket respon siswa dan tutor. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan data hasil observasi aktivitas siswa dan tutor serta respon siswa dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan. Hal ini ditandai dengan 87.5% siswa mencapai nilai ketuntasan dengan nilai minimal 70 sesuai KKM yang ditetapkan. Selain itu, aktivitas siswa dan tutor juga makin menunjukkan perubahan positif atau dengan kata lain peningkatan. Siswa juga memperlihatkan perubahan nilai-nilai karakter dan keterampilan sosial yang lebih baik dari sebelumnya, serta sebanyak 25 siswa (78.13%) siswa merespon positif mengenai pembelajaran melalui strategi mastery learning dengan menggunakan bantuan tutor sebaya. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa X.AP.1 SMK Negeri 1 Bulukumba meningkat melalui strategi mastery learning dengan menggunakan bantuan tutor sebaya. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Mastery Learning, Tutor Sebaya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:09
Last Modified: 29 Apr 2016 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item