Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa MAN 2 Barru

HADIAH M, ZULVA (2017) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa MAN 2 Barru. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap prestasi belajar, untuk menganalisis motivasi belajar terhadap prestasi siswa dan untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah penelitian populasi siswa kelas XII IPA 2, dimana yang dijadikan populasi adalah seluruh siswa kelas XII IPA 2 MAN 2 Barru. Hasil peneliti ini meninjukkan :Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa . berdasarkan hasil perhitungan uji t untuk variabel status sosial ekonomi orang tua diperoleh t hitung sebesar 1,040 karena t dinyatakan dengan tanda positif, maka semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Dengan angka signifikan sebesar 0,308> 0,05 maka Ho diterima, H2 ditolak. Artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh status sosial orang tua(X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) secara parsial. namun kadang terjadi dengan status sosial ekonomi rendah tidak mempengaruhi rendahnya prestasi, dapat saja tidak ada hubungan antara status sosial ekonomi dengan prestasi belajar karena didukung oleh faktor lain, seperti intelektual, kecerdasan, keturunan, ketekunan, lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga dan sebagainya. Adanya Pengaruh Positif dan Signifikan motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan Berdasarkan hasil perhitungan uji t untuk variabel pendidikan orang tua diperoleh t hitung sebesar 6,206 karena t dinyatakan dengan tanda positif, maka semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar. Dengan angka signifikan sebesar 0,000<0,05 maka Ho ditolak, H3 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) secara parsial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 03:03
Last Modified: 16 Mar 2018 03:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5743

Actions (login required)

View Item View Item