Pengaruh Persepsi Minat Baca Matematika terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers pada Siswa Kelas XI di Makassar

KAISAR, MUHAMMAD IZZAD (2017) Pengaruh Persepsi Minat Baca Matematika terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers pada Siswa Kelas XI di Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
5. BAB I.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang akan mengetahui pengaruh minat baca matematika terhadap kemampuan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil analisis deskriptif beserta indikator yang valid pada data minat baca matematika dan kemampuan literasi matematika pada data siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika tinggi, sedang, dan rendah, (2) apakah terdapat pengaruh positif minat baca matematika terhadap kemampuan literasi matematika pada pada siswa dengan kemampuan literasi matematika kategori tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Kelas XI di Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Makassar terkhusus pada bidang studi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dan dipilih 3 sekolah sampel dipilih menurut akreditasi sekolah dengan total 244 sampel. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) kuesioner minat baca matematika dan (2) tes kemampuan literasi matematika. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) tipe Partial Least Square (PLS). Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif adalah (1) rerata skor minat baca matematika adalah 146.9 yang berada dalam kategori sedang (2) rerata skor kemampuan literasi matematika adalah 19,4 yang berada dalam kategori sedang (3) berdasarkan tingkat kemampuan literasi matematika diperoleh bahwa 9,8 % sampel berada pada kategori tinggi, 73,4 % sampel berada pada kategori sedang, dan 16,8 % sampel berada pada kategori rendah . Hasil analisis inferensial diperoleh bahwa (1) minat baca matematika berpengaruh positif sebesar 44,6% terhadap kemampuan literasi matematika pada kategori tinggi, (2) pada kemampuan literasi matematika pada kategori sedang tidak dapat dilanjutkan ke uji hipotesis karena tidak memenuhi uji reliabilitas, dan (3) minat baca matematika berpengaruh positif sebesar 56,4% terhadap kemampuan literasi matematika pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 02:34
Last Modified: 16 Mar 2018 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item