Deskripsi Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Penalaran Dalam Pemecahan Masalah Siswa Berprestasi Matematika di SMP 4 Libureng

ANUGERAH, ANDI SURYA (2017) Deskripsi Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Penalaran Dalam Pemecahan Masalah Siswa Berprestasi Matematika di SMP 4 Libureng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ANDI SURYA ANUGERAH (15B07063).docx

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kombinasi dengan metode kuantitatif-kualitatif (mixed method) yang bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan hubungan antara kebiasaan belajar dan kemampuan penalaran siswa berprestasi matematika di SMPN 4 Libureng 2) Untuk mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa berprestasi matematika di SMPN 4 Libureng dan 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa berprestasi matematika di SMPN 4 Libureng. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang dipilih sebanyak 3 orang dimana ke 3 orang tersebut adalah siswa dengan nilai rata-rata tertinggi, pernah mengikuti lomba matematika atau OSN bidang matematika tingkat kabupaten/yang lebih tinggi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes kemampuan penalaran, kosioner kebiasaan belajar dan wawancara yang didesain agar sesuai dengan indikator kemampuan penalaran dan kebiasaan belajar. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kebiasaan belajar dan kemampuan penalaran jika dilihat dari uji korelasi yang menunjukkan angka sebesar 0,146 yang lebih besar dari taraf signifikansi (α=0,05). Hal ini berarti tidak ada hubungan antara kebiasaan belajar dan kemampuan penalaran. Begitupun jika dilihat dari nilai kebiasaan belajar dan kemampuan penalarannya dalam memecahkan masalah matematika, ada yang kebiasaan belajar matematikanya tinggi tapi kemampuan penalarannya dalam memecahkan masalah sedang, adapula kebiasaan belajarnya rendah tapi kemampuan penalannya dalam memecahkan masalah tinggi. Begitupun sebaliknya. 2) Penalaran siswa berprestasi dalam memecahkan masalah aljabar dan geometri secara teori dapat dijelaskan bahwa dalam memahami suatu masalah aljabar dan geometri dengan memberikan jenis soal yang berbeda-beda, baik soal menggambarkan, menggunakan sifat-sifat, atau pembuktian, mengawali dengan menggunakan penalaran induktif. Kemudian melakukan rencana penyelesaian dengan melakukan kegiatan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu, menarik kesimpulan logis dengan berdasarkan aturan silogisma, dan menyusun pembuktian yang tak lain merupakan penalaran deduktif. 3) Deskripsi kebiasaan belajar siswa berprestasi terbentuk dari kebiasaan berlatih mengerjakan soal-soal matematika yang sifatnya menantang, meluangkan waktu untuk belajar baik di rumah maupun di sekolah, subjek suka belajar matematika, terbentuk kebiasaan mempelajari materi sebelum diajarkan, membuat jadwal untuk belajar dengan benar, mempunyai jadwal belajar matematika tersendiri, dan suka mengerjakan soal yang belum pernah dia pelajari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 00:56
Last Modified: 16 Mar 2018 00:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5733

Actions (login required)

View Item View Item