Persepsi Guru Bahasa Inggris terhadap penerapan Kurikulum 2013

Subede, Ade Listanti (2017) Persepsi Guru Bahasa Inggris terhadap penerapan Kurikulum 2013. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
8. CHAPTER 1.doc

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan Kurikulum 2013 pada guru bahasa Inggris yang bersertifikasi dan belum bersertifikasi dalam kegiatan proses belajar mengajar Bahasa Inggris, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam penerapan kurikulum 2013. (3) Persepsi guru bahasa Inggris yang bersertifikasi dan belum bersertifikasi terhadap penerapan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 Guru bahasa inggris dan 2 wakil kepala skolah bagian kurikulum di 3 SMP berbeda (SMP 6, 10 dan 40) di Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Data dianalisis dalam empat tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan gambaran kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengimplementasian Kurikulum 2013 pada guru Bahasa Inggris yang sudah bersertifikasi dan belum sertifikasi pada proses belajar dan mengajar, dari hasil observasi secara keseluruhan penerapan kurikulum 2013 di dalam kelas bagus tapi perlu ditingkatkan lagi terutama pada guru yang belum bersertifikasi, menunjukkan bahwa ada beberapa tahap yang tidak di lakukan seperti mengingatkan anak-anak pelajaran yang sudah di pelajari di minggu lalu dan menyimpulkan pelajaran di akhir pertemuan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam penerapan kurikulum 2013 di kelas yaitu, buku teks, pengaturan waktu, pola fikir guru, sarana dan prasarana. (3) Persepsi guru bahasa inggris terhadap pengimplementasian Kurikulum 2013 adalah positif dan baik. Implikasi dari penelitian ini adalah guru bersertifikasi memiliki kemampuan yang baik dan cenderung lebih prosedural dalam menerapkan kurikulum 2013 di kelas. Pemerintah juga meningkatkan kualifikasi guru dan juga dapat memelihara dan memperbaiki program sertifikasi guru, terutama dalam hal pendalaman proses pengajaran, penguasaan materi dan penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 00:48
Last Modified: 16 Mar 2018 00:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item View Item