Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi yang Dibelajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba.

Paharuddin, Hardiyanti (2017) Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi yang Dibelajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)

ABSTRAK Tujuan umum penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. Jenis eksperimen adalah Posttest-Only Control Group Desains. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba sebanyak 193 orang, dan sampel terpilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas X2 sebanyak 25 orang dan kelas X7 sebanyak 27 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar peserta didik kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan direct instruction berada pada kategori sedang, (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas inkuiri terbimbing berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar peserta didik pada kelas pembelajaran langsung berada pada kategori rendah, (3) Motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, (4) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbeda secara signifikan dengan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 00:36
Last Modified: 16 Mar 2018 00:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5730

Actions (login required)

View Item View Item