Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas X MA Yayasan Nurul Ikhlas Ambon (Studi Pada Materi Pokok Reaksi Redoks)

SELAN, NURFAIZA (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas X MA Yayasan Nurul Ikhlas Ambon (Studi Pada Materi Pokok Reaksi Redoks). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar. 2)Mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap motivasi belajar. 3) Mengetahui pengaruh kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar. 4) Mengetahui pengaruh kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah terhadap motivasi belajar. 5) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar . 6) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MA Yayasan Nurul Ikhlas Ambon pada materi pokok reaksi redoks. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi terdiri dari dua kelas dengan jumlah peserta didik 78 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang terdiri dari 78 peserta didik. Data diperoleh melalui kemampuan akademik, angket motivasi belajar dan tes hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 20 melalui uji Manova dengan tingkat kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap motivasi belajar. 3) Tidak terdapat pengaruh kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar. 4) Tidak terdapat pengaruh kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah terhadap motivasi belajar. 5) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar. 6) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MA Yayasan Nurul Ikhlas Ambon pada materi pokok reaksi redoks. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Kemampuan Akademik, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:52
Last Modified: 15 Mar 2018 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

View Item View Item