Pengaruh Penggunaan Media Animasi dan bentuk Tes Formatif dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Soppeng (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Alimuddin).

Murniati, Murniati (2014) Pengaruh Penggunaan Media Animasi dan bentuk Tes Formatif dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Soppeng (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Alimuddin). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MURNIATI..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MURNIATI. Pengaruh Penggunaan Media Animasi dan bentuk Tes Formatif dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Soppeng (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Alimuddin).Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran dalam rangka meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa adalah dengan pemilihan media animasi yang tepat dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan bentuk tes formatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran dan bentuk tes formatif mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Soppeng. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lilirialu yang terdiri dari 10 kelas VIII dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lilirialu yang terdiri dari 7 kelas VIII di Kabupaten Soppeng tahun ajaran 2013/2014 . Masing-masing sekolah dengan peringkat akreditasi “A”. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah dua Kelas VIII SMP Negeri 1 Lilirialu dan dua kelas VIII SMP Negeri 2 Lilirialu dengan jumlah masing-masing siswa tiap kelas adalah 30 orang. Ada dua macam variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) variabel bebas yang terdiri atas media pembelajaran dan bentuk tes formatif siswa, dan (2) variabel terikat adalah motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Media pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah media animasi dan media konvensional. Sedangkan bentuk tes formatif yang dimaksud adalah bentuk tes uraian dan bentuk tes pilihan ganda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis multivariate (ANAVAM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII Negeri Kabupaten Soppeng dipengaruhi oleh media pembelajaran dan bentuk tes formatif. Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan bentuk tes formatif siswa dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Media Animasi, Tes Formatif, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:09
Last Modified: 29 Apr 2016 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item