Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII SMPIT Al-Fityan School Gowa Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele

WARDANY, WENNY (2017) Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII SMPIT Al-Fityan School Gowa Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I wenny.docx

Download (36kB)

ABSTRAK Setiap siswa mempunyai pemecahan masalah yang berbeda-beda, khususnya pemecahan masalah geometri menurut tingkat berpikir Van Hiele. Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari kemampuan matematika dan perbedaan gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pemecahan masalah geometri menurut tingkat berpikir Van Hiele ditinjau dari kemampuan matematika dan perbedaan gender. Subjek penelitian ini ada 4 orang siwa kelas VIII yang terdiri dari subjek laki-laki dengan kemampuan matematika tinggi (LT), subjek perempuan dengan kemampuan matematika tinggi (PT), subjek laki-laki dengan kemampuan matematika rendah (LR) dan subjek perempuan dengan kemampuan matematika rendah (PR). Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator pemecahan masalah geometri berdasarkan pemecahan masalah Polya, (b) merumuskan indikator berpikir geometri menurut teori Van Hiele, (c) merumuskan instrumen pendukung (TPMG dan PW), (d) melakukan pengambilan subjek dengan memberikan tes kemampuan matematika, (e) melakukan pengambilan data serta wawancara, (f) melakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data yang valid, (g) melakukan analisis data terhadap pemecahan masalah geometri menurut tingkat berpikir Van Hiele, (h) melakukan analisis, (i) melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri Van Hiele keempat subjek berada pada level 2. Namun pada proses pemecahan masalah geometri terdapat perbedaan antara subjek dengan kemampuan matematika tinggi dengan subjek dengan kemampuan matematika rendah. Profil pemecahan masalah geometri subjek dengan kemampuan matematika tinggi adalah: (a) memiliki pemahaman masalah yang baik, (b) memiliki gambaran yang jelas dalam merencanakan penyelesaian masalah yang dihadapinya, (c) mampu melaksanakan rencana sampai menemukan jawaban yang benar atas masalah yang diberikan, (d) mampu menelusuri kembali jawaban dengan baik. Sedangkan profil pemecahan masalah geometri subjek dengan kemampuan matematika rendah adalah: (a) memiliki pemahaman masalah yang baik, (b) memiliki gambaran yang jelas dalam merencanakan penyelesaian masalah yang dihadapinya, (c) belum mampu melaksanakan penyelesaian masalah dengan tepat, (d) ragu akan jawabannya setelah melakukan penelusuran kembali jawaban.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:39
Last Modified: 15 Mar 2018 07:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item View Item