HARUM, HARUM (2017) PengembanganPerangkatPembelajaranBiologiBerbasis Model PembelajaranKooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT) UntukPesertaDidikKelas XI SMK Negeri 10 Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
1. BAB I (1-7).docx Download (30kB) |
|
Text
5. BAB V (61-66).docx Download (29kB) |
Abstract
Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan (research and development),dimanaproduk yang diinginkanadalahperangkatpembelajaran yang valid danlayakuntukdigunakan..Produktersebutadalah: (1) rencanapelaksanaanpembelajaran (RPP), (2) buku ajar pesertadidik (BAPD), (3) Lembarkerjapesertadidik (LKPD), dan (4) teshasil belajar (THB). Pengembangan model perangkat yang digunakanmengacupada model four-D (Model 4-D) yang terdiridariempattahapyaitu: (1) pendefinisian(define), (2) perancangan(design), (3) pengembangan(develop), dan (4) penyebaran(disseminate). Penelitianinimenggunakanpengembanganperangkat model four-D. Melalui pengembangan perangkat pembelajaran KooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT)padamaterimetabolisme untuk kelas XI yang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Penelitianinidilaksanakan di SMK Negeri 10 Bulukumba. Analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisisstatistikdeskriptif. Statistikdeskriptifdigunakanuntukmenganalisiskevalidanperangkatpembelajarandanmendeskripsikanhasilpengamatanhasilujicoba. Dari hasilpenelitianinidapatdikatakanbahwasemuakomponenperangkatpembelajaran yang meliputi RPP, BAPD, LKPD, teshasil belajar (THB) besertainstrumenpenilaianmemenuhikriteriakevalidanberdasarkanpenilaiantimahli. DengandemikianPerangkat yang dikembangkanlayakuntukdigunakandalampembelajaranBiologikhususnyapadamaterimetabolisme. Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganditemukankarakteristikdariperangkat RPP, BAPD dan LKPD yang berorientasipadametodepembelajaranNumbered Heads Together(NHT). Berdasarkanhasilanalisisdidapatkanbahwaketerlaksanaanperangkatberadapadakategoriterlaksanaseluruhnya, kemampuan guru mengelolapembelajaranberadapadakategorisangatbaik, angketresponpesertadidikdan guru beradapadakategorisangatpostif. Dan berdasarkanhasilanalisisskorteshasil belajarmenunjukkantingkatpencapaianTHBberadapadakategorisedang. Kata kunci:PerangkatPembelajaran, KooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT), Metabolisme
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 15 Mar 2018 07:29 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 07:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5713 |
Actions (login required)
View Item |