PengembanganPerangkatPembelajaranBiologiBerbasis Model PembelajaranKooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT) UntukPesertaDidikKelas XI SMK Negeri 10 Bulukumba

HARUM, HARUM (2017) PengembanganPerangkatPembelajaranBiologiBerbasis Model PembelajaranKooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT) UntukPesertaDidikKelas XI SMK Negeri 10 Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1. BAB I (1-7).docx

Download (30kB)
[img] Text
5. BAB V (61-66).docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan (research and development),dimanaproduk yang diinginkanadalahperangkatpembelajaran yang valid danlayakuntukdigunakan..Produktersebutadalah: (1) rencanapelaksanaanpembelajaran (RPP), (2) buku ajar pesertadidik (BAPD), (3) Lembarkerjapesertadidik (LKPD), dan (4) teshasil belajar (THB). Pengembangan model perangkat yang digunakanmengacupada model four-D (Model 4-D) yang terdiridariempattahapyaitu: (1) pendefinisian(define), (2) perancangan(design), (3) pengembangan(develop), dan (4) penyebaran(disseminate). Penelitianinimenggunakanpengembanganperangkat model four-D. Melalui pengembangan perangkat pembelajaran KooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT)padamaterimetabolisme untuk kelas XI yang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Penelitianinidilaksanakan di SMK Negeri 10 Bulukumba. Analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisisstatistikdeskriptif. Statistikdeskriptifdigunakanuntukmenganalisiskevalidanperangkatpembelajarandanmendeskripsikanhasilpengamatanhasilujicoba. Dari hasilpenelitianinidapatdikatakanbahwasemuakomponenperangkatpembelajaran yang meliputi RPP, BAPD, LKPD, teshasil belajar (THB) besertainstrumenpenilaianmemenuhikriteriakevalidanberdasarkanpenilaiantimahli. DengandemikianPerangkat yang dikembangkanlayakuntukdigunakandalampembelajaranBiologikhususnyapadamaterimetabolisme. Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganditemukankarakteristikdariperangkat RPP, BAPD dan LKPD yang berorientasipadametodepembelajaranNumbered Heads Together(NHT). Berdasarkanhasilanalisisdidapatkanbahwaketerlaksanaanperangkatberadapadakategoriterlaksanaseluruhnya, kemampuan guru mengelolapembelajaranberadapadakategorisangatbaik, angketresponpesertadidikdan guru beradapadakategorisangatpostif. Dan berdasarkanhasilanalisisskorteshasil belajarmenunjukkantingkatpencapaianTHBberadapadakategorisedang. Kata kunci:PerangkatPembelajaran, KooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT), Metabolisme

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:29
Last Modified: 15 Mar 2018 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5713

Actions (login required)

View Item View Item