Pemekaran Wilayah dan Perubahan Sosial di Kecamatan Pitu Riase’ Kabupaten Sidenreng-Rappang

RIFAI, AHMAD (2017) Pemekaran Wilayah dan Perubahan Sosial di Kecamatan Pitu Riase’ Kabupaten Sidenreng-Rappang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1 bab I - perbaikan.docx

Download (38kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan melakukan pengkajian terhadap pemekaran wilayah dan perubahan sosial yang selanjutnya bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pemekaran wilayah dan perubahan sosial masyarakat di Kecamatan Pitu Riase’ dan mengkaji kondisi sosial ekonomi warga sebelum dan sesudah pemekaran di Kecamatan Pitu Riase’. dan berusaha mengetahui dampak yang di timbulkan dengan adanya pemekaran di Kecamatan Pitu Riase’ Penelitian ini dilakukan di kecamatan pitu riase’ dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif (descriptive research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pemekaran wilayah di Kecamatan Pitu Riase’ yaitu tuntutan dari masyarakat itu sendiri dan daerah Kecamatan Pitu Riase’ sendiri memang sudah layak untuk dimekarkan dari segi administrasi, (ii) Secara umum dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang cukup berarti pada siklus perubahan sosial ekonomi masyarakat Kecamatan Pitu Riase’ dari proses pemekaran daerah Kecamatan Dua Pitue. Kondisi perekonomian masyarakat cukup mengembirakan dan meningkat. (iii) Dampak dari pemekaran wilayah di Kecamatan Pitu Riase’ sangat berkembang pesat dari segi pembangunan infrastruktur Dengan meningkatnya sarana dan prasarana wilayah maka secara langsung meningkat pula pelayanan yang tersedia di wilayah Kecamatan, baik untuk kepentingan ekonomi maupun kepentingan sosial.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:22
Last Modified: 15 Mar 2018 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5711

Actions (login required)

View Item View Item