engaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba

ALI, USMAN (2017) engaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (i) Untuk mengetahui bagaimana gambaran kesadaran metakognitif,keterampilan metakognitif,danHasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba yang diajar dengan metode Group Investigation dan Konvensional; (ii) Untuk mengetahui Bagaimana Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Konvensional Terhadap Kesadaran Metakognitif,Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Siswa X SMA Negeri 11 Bulukumba.Penelitian ini adalah kuasi ekperimen dengan rancangan Two Group Posstes ongli control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba Tahun ajaran 2016/2017 dengan sampelpenelitian yaitu kelas X1 yang berjumlah 35 siswa dan X3 yang berjumlah 35 siswa. Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen dengan pembelajaran kooperatif GI dan kelompok control dengan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian berupa angket MAI (Matacognitive Awareness Inventori) untuk mengukur kesadaran metakognitif, untuk mengukur keterampilan metakognitif menggunakan rubrik MAD (Metacognitive Awareness Definition) dan penguasaan konsep diukur dengan menggunakan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis statistic deskriptif dan inferensial T-tes dengan a= 0,05) dengan bantuan program SPSS.17.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Rata-rata Kesadaran Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba yang diajar dengan model GI berkembang baik; (ii) Rata-rata Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba yang diajar dengan model GI berkembang baik; (iii) Rata-rata Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba yang diajar dengan model GI tinggi; (iv) Rata-rata Kesadaran Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba yang diajar dengan model Konvensional berkembang baik; (v) Rata-rata Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba yang diajar dengan model Konvensional berkembang baik; (vi)) Rata-rata Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba yang diajar dengan model Konvensional kategori tinggi ; (vii) Ada Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Konvensional Terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba; (viii) Tidak ada Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Konvensional Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba; (ix) Ada Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bulukumba.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:23
Last Modified: 15 Mar 2018 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5710

Actions (login required)

View Item View Item